RPP dan Media Pembelajarannya - Tugas Kuliahku
Artikel terkini :
Home » » RPP dan Media Pembelajarannya

RPP dan Media Pembelajarannya

Written By Alfi Nur'aini on Kamis, 26 Mei 2011 | 21.17

Pada kesempatan kali ini saya menulis tugas kuliah mata kuliah Pembelajaran PKn yang diampu oleh Bapak Pridjaji, S.Pd.
Tugas kuliah kali ini yaitu membuat RPP dengan media pembelajarannya.
Sedikit mengulas tentang pengertian media pembelajaran dan manfaat atau kegunaannya.

MEDIA PEMBELAJARAN

Media pembelajaran adalah bahan, alat, atau teknik yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar dengan maksud agar proses interaksi komunikasi edukasi antara guru dan siswa dapat berlangsung secara tepat guna dan berdaya guna.

Berdasarkan definisi tersebut, media pembelajaran memiliki manfaat yang besar dalam memudahkan siswa mempelajari materi pelajaran. Media pembelajaran yang digunakan harus dapat menarik perhatian siswa pada kegiatan belajar mengajar dan lebih merangsang kegiatan belajar siswa.
Menurut Sadiman (2002:16), media pembelajaran mempunyai kegunaan-kegunaan sebagai berikut:
a. Memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbalistis (dalam bentuk kata-kata tertulis atau     lisan belaka).
b. Mengatasi keterbatasan ruang, waktu, dan daya indera.
c. Dengan menggunakan media pendidikan secara tepat dan bervariasi dapat diatasi sikap pasif anak didik.

Dalam hal ini, media pendidikan berguna untuk: 
1) Menimbulkan kegairahan belajar.
2) Memungkinkan interaksi yang lebih langsung antara anak didik dengan lingkungan dan kenyataan.
3) Memungkinkan anak didik belajar sendiri-sendiri menurut kemampuan dan minatnya.
d. Dengan sifat yang unik pada tiap siswa ditambah lagi dengan lingkungan dan pengalaman yang berbeda, sedangkan kurikulum dan materi pendidikan ditentukan sama untuk setiap siswa, maka guru akan banyak mengalami kesulitan bilamana semuanya itu harus diatasi sendiri. Apalagi bila latar belakang lingkungan guru dengan siswa juga berbeda. Masalah ini dapat diatasi dengan media pendidikan, yaitu dengan kemampuannya dalam:
1) Memberikan perangsang yang sama.
2) Mempersamakan pengalaman.
3) Menimbulkan persepsi yang sama.

Berdasarkan manfaat tersebut, nampak jelas bahwa media pembelajaran mempunyai andil yang besar terhadap kesuksesan proses belajar mengajar.
Media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran kali ini yaitu media gambar, alasan saya memilih media gambar yaitu disamping mudah didapat dan juga media yang tergolong sederhana media gambar sangat efektif untuk menumbuhkan minat belajar siswa. Disini siswa secara otomatis akan tertarik pada gambar yang diberikan oleh guru, sehingga siswa bersemangat untuk belajar.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah : SD Muhammadiyah Muntilan
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : V (Lima)
Semester : I (Satu)
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit (1 pertemuan).


Standar Kompetensi
1. Memahami pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kompetensi Dasar
1.3. Menunjukkan contoh-contoh perilaku dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Indikator
Memahami prinsip-prinsip sikap memelihara keutuhan NKRI.


A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat memberi contoh dan memilih perilaku yang baik dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

B. Materi Ajar
Contoh-contoh atau ilustrasi perilaku yang baik dalam menjaga keutuhan NKRI.

C. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1. Pendekatan Kontekstual.
2. Pendekatan Cooperative Learning.
3. Tanya jawab.
4. Penugasan.


D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan 1
  • Kegiatan Awal (5 menit)
1) Guru mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing untuk mengawali pelajaran.
2) Guru menerangkan tujuan pembelajaran
3) Guru memberi pengarahan kepada siswa bagaimana cara menyimak/mendengarkan yang baik.
  • Kegiatan Inti (60 menit)
 Aspek Eksplorasi
1) Siswa dan guru bertanya jawab (pretest) secara general tentang masalah-masalah keutuhan NKRI.
2) Siswa mendengarkan cerita pengalaman pribadi guru yang mengesankan yang berkaitan dengan materi yang sedang dipelajari.
3) Guru menjelakan tentang pentingnya menjaga keutuhan NKRI.
4) Guru memberikan gambar yang berkaitan dengan menjaga keutuhan NKRI.
 Aspek Elaborasi
1) Siswa menceritakan isi gambar dan alasan memilih gambar secara lisan dan bergantian di depan teman-teman.
2) Siswa menceritakan pengalaman mengesankan yang pernah dialaminya tentang menjaga kerukunan.
3) Siswa diminta maju di depan kelas untuk menceritakan kembali pengalamannya yang kaitannya dengan menjaga keutuhan NKRI.
 Aspek Konfirmasi
1) Siswa dan guru bertanya jawab (posttest) tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu, untuk mengetahui pencapaian indikator dan kompetensi dasar.
2) Guru memberikan penegasan hasil pembelajaran dengan jelas.
  •  Kegiatan Akhir (5 menit)
Guru dan siswa melakukan refleksi dengan tepat dan pelajaran diakhiri dengan berdoa.


E. Sumber/Bahan Belajar
a) Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas V, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 14—18.
b) Teman
c) Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.

F. Penilaian
Teknik : tugas individu, ulangan harian.
Bentuk Instrumen : penilaian lisan, penilaian sikap, penilaian unjuk kerja (keberanian anak menceritakan gambar)

Contoh Instrumen :
1. Sikap pemeluk agama yang berlainan sebaiknya adalah .... (gambar a atau b)
2. Apabila melakukan demonstrasi, sikap yang seharusnya dilakukan para peserta demonstrasi adalah .... (gambar a atau b)
3. Apabila terjadi kerusuhan, sikap yang seharusnya diambil aparat penegak hukum adalah (gambar a atau b)


LAMPIRAN TUGAS. . .!!!




 





















Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Cari Blog Ini

Total Tayangan Halaman

Pengikut

 
Template Design by Creating Website Published by Mas Template
Copyright © 2011. Tugas Kuliahku - All Rights Reserved